Jika Anda mencari Jasa Online Leak Sealing pada Valve, atau biasa juga dikenal sebagai jasa Metal Repair/Perbaikan Logam, maupun Jasa OLS, maka inilah solusinya.

 

 

Jasa Metal Repair Metode OLS

 

Darta Industrial dapat melakukan Jasa Online leak sealing pada berbagai bidang, seperti :

  • Flange Leak
  • Pipe and Fitting Leaks
  • Heat Exchanger Joint
  • Weld and Thread Leaks
  • Expansion Joint Leaks
  • Valve Leaks
  • Gland Packing Leaks
  • Pressure Vessel Leaks
  • Any virtual Leaks Problems

Serta permukaan lainnya yang berbahan dasar logam maupun besi

 

 

Keunggulan Jasa Online Leak Sealing Darta Industrial

 

  • Memperbaiki secara offline maupun online (Kebocoran anda diperbaiki sementara fasilitas maupun pekerjaan/produksi anda tetap berlangsung)
  • Hematan waktu dan uang
  • Memungkinkan anda untuk mempertahankan dan meningkatkan keselamatan pabrik anda
  • Aman, efisien, dan non-destruktif
  • Menggunakan produk lokal berstandar internasional, yaitu JIS (Japan Industrial Standar) dan lulus uji di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi)
  • Dapat memperbaiki di area yang kering, basah, berminyak, bersuhu, bertekanan, bahkan pada bidang area beracun)
  • Tenaga aplikator yang berpengalaman dan handal
  • Respon cepat dan layanan 24 jam standby on field
  • Garansi ‘No Cure No Pay’ *

 

 

Area Online Leak Sealing / Jasa OLS

 

Beberapa industri yang sering membutuhkan jasa online leak sealing / jasa metal repair, antara lain :

  • Industri Oil & Gas
  • Industri Drilling Operation
  • Industri Refinery
  • Industri Power Plant
  • Industri Industrials
  • Industri Fertilizer Factory
  • Industri Cement Factory
  • Industri Petrochemical
  • Industri Marine

 

 

PRODUK ONLINE LEAK SEALING

 

 

Jika Anda membutuhkan PRODUK ONLINE LEAK SEALING (OLS) ataupun Produk yang dapat digunakan untuk melakukan Metal Repair / Perbaikan Logam, Darta Industrial memiliki produk andalan yang dikembangkan dan produksi sendiri sebagai salah satu produk kebanggaan Indonesia.

Polintek Metal Repair dapat diaplikasikan pada area yang kering, basah, berminyak, bersuhu, bertekanan, bahkan pada bidang area beracun.

Polintek Metal Repair telah lulus standar JIS (Japan Industrial Standar) dan telah lolos pengujian di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi)

Untuk detail produk, Anda bisa melihat di sini : Polintek Metal Repair

 

 

Jasa Online Leak Sealing Valve

 

Jika Valve Anda mengalami kebocoran, maka perbaikan seketika atau Online Leak Sealing adalah yang Anda butuhkan.

Lalu, apa sajakah jenis-jenis Valve yang dapat diperbaiki dengan metode OLS ini? Untuk itu, mari kita simak lebih lanjut pembahasan mengenai valve berikut ini.

 

 

Pengertian Valve / Katup

 

Valve atau yang biasa disebut katup adalah sebuah perangkat yang mengatur, mengarahkan atau mengontrol aliran dari suatu cairan (gas, cairan, padatan terfluidisasi) dengan membuka, menutup, atau menutup sebagian dari jalan alirannya.

Valve/katup dalam kehidupan sehari-hari, paling nyata adalah pada pipa air, seperti keran untuk air. Contoh akrab lainnya termasuk katup kontrol gas di kompor, katup kecil yang dipasang di kamar mandi dan masih banyak lagi.

Katup memainkan peran penting dalam aplikasi industri mulai dari transportasi air minum juga untuk mengontrol pengapian di mesin roket.

Valve/Katup dapat dioperasikan secara manual, baik oleh pegangan , tuas pedal dan lain-lain. Selain dapat dioperasikan secara manual katup juga dapat dioperasikan secara otomatis dengan menggunakan prinsip perubahan aliran tekanan, suhu dll.

Perubahan2 ini dapat mempengaruhi diafragma, pegas atau piston yang pada gilirannya mengaktifkan katup secara otomatis.

 

 

Fungsi Valve / Katup

 

Terdapat berbagai macam jenis valve yang digunakan pada kilang minyak maupun di pabrik-pabrik lain. Setiap jenis katup memiliki fungsi dan prinsip kerja masing-masing, seperti berikut:

  1. Untuk menutup dan membuka aliran dengan syarat, ketika terbuka memiliki hambatan aliran dan pressure loss yang minimum. Contohnya: gate valve, ball, plug dan butterfly valve.
  2. Untuk keperluan mengatur aliran, dengan cara menahan aliran dengan perubahan arah atau menggunakan suatu hambatan, bisa juga dengan kombinasi keduanya.
  3. Untuk mencegah aliran balik (back flow), biasanya menggunakan check valve (lift check dan swing check). Valve ini akan tetap terbuka dan akan tertutup apabila terdapat aliran yang berlawanan arah.
  4. Untuk keperluan mengatur tekanan, beberapa pengaplikasian valve di lapangan, tekanan yang masuk (line pressure) harus dikurangi untuk mencapai tekanan yang diinginkan. Biasanya menggunakan pressure-reducing valve atau regulator.
  5. Untuk pressure relief (pelepasan tekanan) dengan menggunakan relief valve dan safety valve. Relief valve digunakan untuk mengatasi bila adanya tekanan yang berlebihan yang dapat mengganggu proses pengaliran atau bahkan kegagalan proses pengaliran. Sedangkan safety valve menggunakan per (spring loaded), valve ini akan membuka jika tekanan melebihi batas yang sudah ditentukan.

 

 

Online Leak Sealing Valve

 

Berikut adalah jenis-jenis valve yang dapat diperbaiki dengan metode OLS :

  1. Online Leak Sealing pada Gate Valve

Jenis ini didesain untuk membuka dan menutup aliran dengan cara tertutup rapat dan terbuka penuh. Karena sistem kerjanya hanya membuka dan menutup, maka valve ini tidak cocok untuk mengatur debit aliran karena kurang akurat dalam hal mengontrol volume aliran di dalam pipa.

 

  1. Online Leak Sealing pada Plug Valve

Memiliki fungsi yang sama dengan gate valve yaitu dengan menutup atau membuka aliran secara keseluruhan. Namun, beberapa pengaplikasian jenis valve ini hanya digunakan untuk mengontrol aliran gas, seperti transportasi gas melalui pipa.

 

  1. Online Leak Sealing pada Ball Valve

Jenis ini dapat dioperasikan pada fluida bertemperatur -450°F hingga -500°F. Ball valve merupakan tipe quick opening valve yang hanya memerlukan 1/4 putaran dari posisi tertutup penuh ke terbuka penuh.

 

  1. Online Leak Sealing pada Globe valve

Aliran dalam valve berubah arah sehingga menghasilkan friksi yang cukup besar meskipun dalam keadaan terbuka lebar. Jenis valve ini cukup penting bila digunakan untuk penutupan yang rapat terutama pada aliran gas.

 

  1. Online Leak Sealing pada Needle Valve

Pada dasarnya, jenis ini digunakan pada instrument, gage dan meter line service. Valve ini dapat digunakan untuk keperluan proses throttling karena sangat akurat, serta dapat juga digunakan pada tekanan tinggi dan temperatur tinggi.

 

  1. Online Leak Sealing pada Diaphragm Valve

Valve ini memiliki kelebihan yaitu memiliki aliran yang tenang dan fluida akan mengalir tanpa hambatan, jenis ini sangat baik untuk flow control dan penutupan aliran yang sangat rapat walaupun di dalam jalur pipa terkandung suspended solid. Diaphragm valve cocok digunakan untuk fluida yang korosif, viscous material, fibrous materials, sludges, solids in suspension, gas dan udara bertekanan.

 

  1. Online Leak Sealing pada Butterfly Valve

Merupakan jenis valve dengan desain sederhana dan umumnya hanya digunakan untuk aliran bertekanan rendah. Desainnya yang sangat sederhana tersebut, sehingga dalam mengontrol aliran, untuk membuka penuh dan menutup penuh hanya diperlukan 1/4 putaran.

 

  1. Online Leak Sealing pada Check valve

Jenis ini didesain untuk mencegah terjadinya aliran balik di dalam pipa. Check valve terdiri dari beberapa jenis, seperti lift check, swing check dan ball check. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca pada artikel sebelumnya yang berjudul: Jenis-jenis Check Valve.

 

  1. Online Leak Sealing pada Pressure Relief Device

Jenis ini digolongkan sebagai safety valve, digunakan untuk mencegah terjadinya tekanan berlebihan pada sistem proses piping dan mencegah terjadinya kerusakan peralatan. Ada dua jenis safety valve, yaitu relief valve dan pop valve, kedua jenis ini dapat membuka secara cepat.

Relief valve digunakan untuk membebaskan tekanan yang berlebih sedangkan pop valve digunakan untuk aliran bertekanan tinggi. Namun kedua jenis ini sebaiknya tidak digunakan bila fluida bersifat korosif, melibatkan back-pressure, melibatkan pressure control atau bypass valve.

 

  1. Online Leak Sealing pada Pressure Reducing Valve

Fungsi utama dari jenis ini adalah untuk menjaga agar tekanan dalam sistem perpipaan selalu konstan, cara kerjanya yakni dengan menurunkan tekanan dari sumber yang memiliki tekanan lebih tinggi.

 

  1. Online Leak Sealing pada Traps Valve

Fungsi dari trap valve adalah untuk membuang kondensat yang berasal dari perpipaan steam (uap) tanpa adanya steam yang ikut terbuang. Trap valve terdiri dari tiga jenis, yaitu float trap, bucket trap dan inverted bucket trap. Ukuran trap disesuaikan dengan kapasitas discharge aktual atau effective valve area bukan berdasarkan dengan ukuran inlet dan outlet pada sambungan pipa.

 

 

Darta Industrial Service

Darta Industrial adalah solusi industrial terlengkap di Indonesia dan Singapura yang fokus menyediakan jasa dan produk untuk keperluan industri, seperti :

 

 

Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi website kami di :
www.dartaindustrial.co.id
atau hubungi marketing kami di :
marketing@darta.co.id
021 – 53164777