Darta Industrial – Pengolahan limbah merupakan sebuah proses yang mengolah air buangan yang sudah tidak bisa dipakai lagi (limbah) untuk dapat dikembalikan ke siklus air di lingkungan sekitar, sehingga dapat digunakan kembali sebagai air baku. Berikut akan dijelaskan lebih detil mengenai jasa Waste Water Treatment Plant (WWTP).

Pengertian Jasa WWTP (Waste Water Treatment Plant)

Waste Water Treatment Plant (WWTP) atau instalasi pengolahan air limbah (IPAL) adalah sebuah struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air, sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain.

Baca juga: Jasa Water Treatment

  Jasa Waste Water Treatment

Fungsi WWTP (Waste Water Treatment Plant)

1. Pengolahan air limbah pertanian, untuk membuang kotoran hewan, residu pestisida, dan sebagainya dari lingkungan pertanian.

2. Pengolahan air limbah perkotaan, untuk membuang limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya.

3. Pengolahan air limbah industri, untuk mengolah limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan.

Baca juga: Jasa Survey dan Pemetaan atau Mapping Survey

  Jasa Waste Water Treatment

Proses WWTP (Waste Water Treatment Plant)

 

1. Fase Pemisahan (Separation Phase)

Pada proses fase pemisahan terjadi pengolahan limbah cair menjadi bentuk cairan dan padatan. Limbah padat yang dihasilkan akan diolah melalui proses oksidasi atau polishing pada tahap selanjutnya, padatan minyak dan lemak umumnya diolah melalui saponifikasi (penyabunan) dan padatan lumpur (sludge) diolah melalui proses dewatering. Adapun limbah cair yang dihasilkan akan diolah biasanya dengan sistem filtrasi yang disesuaikan dengan kualitas airnya.

Secara garis besar, fase pemisahan terdiri atas 2 metode:

a. Metode Sedimentasi Metode sedimentasi merupakan proses pengendapan dengan gaya gravitasi untuk menghilangkan padatan terlarut (suspended solids) dari limbah. Terdapat dua jenis cara yaitu:

  • Kolam pengendapan (sedimentation pond)
  • Clarifier, yaitu tanki yang dibangun dengan proses mekanis dapat menghilangkan padatan melalui proses sedimentasi secara kontinu. Selain itu terdapat juga unit clarifier yang lebih kompleks dengan menggunakan skimmer sebagai alat penghilang buih sabun (soap scum) dan padatan non-polar seperti minyak yang mengapung di atas permukaan air.

b. Metode Filtrasi Suspensi padatan koloid dalam limbah cair akan dihilangkan dengan proses filtrasi, baik dengan filter pasir, karbon aktif, atau sistem membran. Metode filtrasi ini penting untuk mengurangi total padatan terlarut (TDS). Sistem bioreaktor membran sering juga digunakan untuk sistem pemulihan (recovery) dan sistem pemanfaatan kembali (reuse).

MBR (Membrane Bio-Reactor) adalah kombinasi proses membran (mikrofiltrasi atau ultrafiltrasi) dengan sistem pertumbuhan bakteri dalam bioreaktor. MBR terdiri atas dua konfigurasi: internal atau submerged MBR, dan external atau sidestream MBR. Perbedaan keduanya ada pada peletakan membran, dimana internal MBR berada dan di dalam dan eksternal BMR di luar sistem.

2. Oksidasi (Oxidation)

Proses oksidasi mengindikasikan jumlah senyawa organik dalam limbah. Dengan melakukan proses oksidasi, maka nilai Biochemical Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD) dalam limbah dapat direduksi, serta toksisitas yang disebabkan oleh bahan pencemar dapat dikurangi sebelum dibuang ke lingkungan. Pengukuran BOD dan COD sangatlah penting untuk melihat karakteristik limbah yang akan diolah.

a. Biochemical Oxygen Demand (BOD), adalah jumlah oksigen terlarut yang dibutuhkan mikroorganisme aerobik untuk menghancurkan materi organik dalam air (limbah) pada suhu tertentu (20 C) selama periode tertentu (lima hari), satuan BOD yaitu miligram O2 per liter.

Total BOD lebih berpengaruh terhadap jaring makanan (food web) dalam limbah, hal ini karena nilai BOD mengindikasikan seberapa banyak senyawa organik dalam limbah sebagai sumber makanan bakteri untuk dioksidasi oleh bakteri. Semakin tinggi nilai BOD, maka semakin rendah oksigen terlarut dalam limbah karena dikonsumsi oleh bakteri. Limbah yang memiliki nilai BOD-nya tinggi biasanya mengandung nitrat dan fosfat tinggi yang berasal dari limbah makanan.

b. Chemical Oxygen Demand (COD), adalah jumlah ketersediaan elektron dalam senyawa organik dalam air (limbah) untuk mereduksi oksigen terlarut dalam air. Hal ini perlu dibedakan dengan Total Organic Compound (TOC) yang mengukur jumlah total senyawa organik dalam air. Nilai TOC biasanya lebih besar dibandingkan COD, karena tidak semua senyawa organik dapat teroksidasi. Adapun nilai COD akan lebih besar dibandingkan BOD karena tidak semua senyawa organik yang dapat teroksidasi mampu dioksidasi oleh bakteri sebagai sumber makanan.

3. Polishing

Beberapa kondisi air limbah biasanya bersifat fluktuatif kualitasnya, sehinggu perlu dilakukan pengaturan parameter seperti pH atau perlakuan tambahan sebelum dibuang ke lingkungan. Polishing dilakukan tergantung dari hasil kualitas limbah setelah di-treatment sebelum dibuang (disposal) atau digunakan kembali (reuse). Kadang digunakan juga karbon filter untuk menghilangkan kontaminan dan pengotor yang yang masih ada dalam limbah dengan adsorpsi oleh karbon aktif.

Baca juga: Jasa Radiography Testing

 

Keunggulan WWTP (Waste Water Treatment Plant)

Jasa Waste Water Treatment Plant atau IPAL sangat bermanfaat bagi manusia serta makhluk hidup lainnya, yaitu:

  • Mengolah air limbah domestik atau industri, agar air tersebut dapat digunakan kembali sesuai kebutuhan masing-masing.
  • Agar air limbah yang akan dialirkan ke sungai tidak tercemar.
  • Agar biota-biota yang ada di sungai tidak mati.

 

Jasa WWTP (Waste Water Treatment Plant)

Darta Industrial adalah solusi industrial terlengkap di Indonesia dan Singapura yang fokus menyediakan jasa perbaikan metal (metal repair), jasa perbaikan beton (concrete repair), jasa coating (cat), jasa lining, jasa grouting, jasa Non Destructive Test (NDT), jasa Water Treatment Plant (WTP), jasa Waste Water Treatment Plant (WWTP), dan jasa lainnya.

 

DARTA INDUSTRIAL SERVICE

Perusahaan lokal yang menyediakan produk berbahan dasar polymer
dan layanan terlengkap untuk kebutuhan industrial.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Produk dan Jasa Kami,
silahkan kunjungi website kami di :

www.dartaindustrial.co.id

atau hubungi marketing kami di :
marketing@darta.co.id
021 – 53164777

Our Sales team is here to answer your questions. Ask us anything!